PALEMBANG, himakomstc.com - Komunikasi pada umumnya mempelajari bagaimana kita menyampaikan
pesan atau berita secara efisien dan efektif, untuk mendapatkan hasil akhir
yang kita inginkan. Jurusan-jurusan yang masuk dalam bidang komunikasi adalah
periklanan, linguistik, bahasa, jurnalistik, dan masih banyak lagi.Komunikasi juga berhubungan dengan
pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman. Misalnya
perkembangan internet, pengaruh media, tren hiburan yang sedang populer dan
faktor-faktor lainnya. Dan karena tren dan teknologi selalu berkembang tiada
hentinya, kurikulum dan penyampaian perkuliahan komunikasi juga berubah-ubah,
sehingga ilmu ini tiada ujungnya.Pada umumnya, lulusan jurusan komunikasi bekerja
di bidang-bidang seperti broadcasting, wartawan, editor, public relations,
periklanan, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi bisnis, dan
sejenisnya. Seperti apakah pekerjaan mereka? Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan
dari para lulusan jurusan Komunikasi: 1. Penyiar |
(Foto sebagai penyiar) |
Menjadi produser, sutradara, reporter, copy
writer dan lain – lain yang terlibat dalam dunia penyiaran, adalah salah satu
prospek kerja dari dunia Ilmu Komunikasi. Seperti yang kita ketahui, bahwa
dunia penyiaran pada dasarnya ialah proses menyampaikan suatu pesan melalui
media massa seperti televisi, radio ataupun surat kabar kepada masyarakat. Nah,
dalam proses penyampaian pesan itulah lulusan Ilmu Komunikasi dituntut untuk
dapat menentukan strategi agar pesan yang disampaikan mudah diterima oleh
masyarakat sesuai dengan segmentasinya. Bidang kerja broadcasting biasanya ditempatkan di stasiun televisi,
radio, ataupun kantor – kantor surat kabar, tabloid maupun majalah.
2. Jurnalis
|
(Foto sebagai jurnalis) |
Jurnalistik adalah bagian dari Ilmu Komunikasi. Dalam dunia Ilmu Komunikasi, jurnalistik
merupakan mata kuliah wajib yang harus dipelajari. Kemampuan menulis, peka
terhadap kondisi sosial di sekitarnya, serta kemampuan menyampaikan dan memilih
memilah mana berita yang layak untuk disebarkan dan mana yang tidak layak
disebarkan, menjadi beberapa hal yang bisa diperoleh dari mempelajari
jurnalistik. Jurnalistik memang ilmu yang dapat dipelajari oleh siapapun, tidak
harus lulusan Ilmu Komunikasi. Namun, lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki kemampuan
yang lebih dalam dunia jurnalistik ini. Bidang kerja dari seorang jurnalis
antara lain menjadi reporter, news anchor (penyiar berita), news dubber,
wartawan media massa, baik di televisi, radio ataupun surat kabar cetak.
|
(foto sebagai presenter) |
Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik
dan dapat menarik perhatian khalayak ramai, ini adalah bagian wajib yang
dipelajari oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Kemampuan tersebut pun sangat
dibutuhkan untuk menjadi seorang announcer atau penyiar radio, hingga menjadi
seorang presenter di televisi, baik untuk acara olahraga, berita resmi, gossip,
dan lain – lain. Lulusan Ilmu Komunikasi selalu dituntut untuk pandai berbicara
dengan efektif dalam menyampaikan maksud dan tujuannya. Hal tersebutlah yang
menjadikan posisi penyiar atau presenter menjadi sasaran yang tepat sebagai
prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi. 4. Master of Ceremony (MC) |
(Foto sebagai MC) |
Bila announcer dan presenter hanya tertuju
dalam sebuah media massa saja, maka pekerjaan sebagai MC pun bisa diposisikan dalam
berbagai perhelatan event. Menjadi MC tentu membutuhkan kualitas gaya bicara
yang baik, pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara menjadi sesuai
harapan.
5. Public Relations Officer atau
Hubungan Masyarakat
|
(Foto sebagai PR) |
Mewakili perusahaan dalam setiap waktu,
menjaga nama baik perusahaan serta mewujudkan hubungan yang harmonis pada
seluruh klien perusahaan, menjadi tugas besar dari seorang Public Relations
atau humas. Ya, profesi Public Relations juga menjadi prospek kerja yang sangat
menjanjikan bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Seorang Public Relations harus selalu
memutar otaknya untuk menyampaikan pesan – pesan perusahaan kepada masyarakat
agar perusahaan yang dikelolanya senantiasa memiliki reputasi yang baik.
6. Event Organizer
|
(Foto saat event Organizer) |
Merancang perhelatan event yang besar,
mengemas sebuah acara sesuai dengan konsep pesan yang ingin disampaikan, hingga
mengatur acar sedemikian rupa agar meninggalkan kesan dan reputasi yang baik,
adalah beberapa wujud tujuan dari strategi seorang event organizer. Melalui
sebuah event, sebuah tim event organizer diharapkan mampu menyampaikan sebuah
pesan atau makna tertentu dan mewujudkan good reputation dari si penyelenggara.
Disitulah tantangannya. Menjadi event organizer ini sangat asyik, lho. Seperti
bekerja sambil bermain. Penghasilannya pun bisa terbilang cukup fantastis. 7. Praktisi periklanan / Advertising |
(Foto periklanan) |
Iklan! Ya, terdengar sepele, namun
mempengaruhi kita, kan? Mereka berusaha mempengaruhi publik dengan pesan –
pesan produk barang ataupun jasa yang ingin disampaikan, melalui pesan dan
media yang unik serta kreatif agar siapapun yang melihatnya tergugah untuk
membeli, menggunakan ataupun mempercayainya.
Dalam iklan, semakin menarik dan membuat penasaran, maka semakin sukses
dan efektif pula iklan tersebut. Prospek kerja dalam dunia advertising bagi
lulusan Ilmu Komunikasi, antara lain sebagai project leader advertising, copy
writer, camera person, media planner, dan lain – lain. Apakah pekerjaan-pekerjaan di atas sesuai
dengan bakat dan minatmu? Atau bahkan adalah sesuatu yang kamu cita-citakan?
Mulai cari program kuliah yang cocok sekarang juga!
Tidak ada komentar: