Header Ads

7 PROSPEK KERJA ILMU KOMUNIKASI


PALEMBANG, himakomstc.com - Komunikasi pada umumnya mempelajari bagaimana kita menyampaikan pesan atau berita secara efisien dan efektif, untuk mendapatkan hasil akhir yang kita inginkan. Jurusan-jurusan yang masuk dalam bidang komunikasi adalah periklanan, linguistik, bahasa, jurnalistik, dan masih banyak lagi.
Komunikasi juga berhubungan dengan pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman. Misalnya perkembangan internet, pengaruh media, tren hiburan yang sedang populer dan faktor-faktor lainnya. Dan karena tren dan teknologi selalu berkembang tiada hentinya, kurikulum dan penyampaian perkuliahan komunikasi juga berubah-ubah, sehingga ilmu ini tiada ujungnya.
Pada umumnya, lulusan jurusan komunikasi bekerja di bidang-bidang seperti broadcasting, wartawan, editor, public relations, periklanan, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi bisnis, dan sejenisnya. Seperti apakah pekerjaan mereka?
 
Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan dari para lulusan jurusan Komunikasi:
 
1. Penyiar
 (Foto sebagai penyiar)
Menjadi produser, sutradara, reporter, copy writer dan lain – lain yang terlibat dalam dunia penyiaran, adalah salah satu prospek kerja dari dunia Ilmu Komunikasi. Seperti yang kita ketahui, bahwa dunia penyiaran pada dasarnya ialah proses menyampaikan suatu pesan melalui media massa seperti televisi, radio ataupun surat kabar kepada masyarakat. Nah, dalam proses penyampaian pesan itulah lulusan Ilmu Komunikasi dituntut untuk dapat menentukan strategi agar pesan yang disampaikan mudah diterima oleh masyarakat sesuai dengan segmentasinya. Bidang kerja broadcasting  biasanya ditempatkan di stasiun televisi, radio, ataupun kantor – kantor surat kabar, tabloid maupun majalah.
 
2. Jurnalis
(Foto sebagai jurnalis)
Jurnalistik adalah bagian dari Ilmu Komunikasi.  Dalam dunia Ilmu Komunikasi, jurnalistik merupakan mata kuliah wajib yang harus dipelajari. Kemampuan menulis, peka terhadap kondisi sosial di sekitarnya, serta kemampuan menyampaikan dan memilih memilah mana berita yang layak untuk disebarkan dan mana yang tidak layak disebarkan, menjadi beberapa hal yang bisa diperoleh dari mempelajari jurnalistik. Jurnalistik memang ilmu yang dapat dipelajari oleh siapapun, tidak harus lulusan Ilmu Komunikasi. Namun, lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki kemampuan yang lebih dalam dunia jurnalistik ini. Bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain menjadi reporter, news anchor (penyiar berita), news dubber, wartawan media massa, baik di televisi, radio ataupun surat kabar cetak.

Baca Juga : Gempita goes to campus STISIPOL Candradimuka Palembang
 
3. Announcer dan presenter
(foto sebagai presenter)
Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik perhatian khalayak ramai, ini adalah bagian wajib yang dipelajari oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Kemampuan tersebut pun sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang announcer atau penyiar radio, hingga menjadi seorang presenter di televisi, baik untuk acara olahraga, berita resmi, gossip, dan lain – lain. Lulusan Ilmu Komunikasi selalu dituntut untuk pandai berbicara dengan efektif dalam menyampaikan maksud dan tujuannya. Hal tersebutlah yang menjadikan posisi penyiar atau presenter menjadi sasaran yang tepat sebagai prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi.
 
4. Master of Ceremony (MC)
(Foto sebagai MC)
Bila announcer dan presenter hanya tertuju dalam sebuah media massa saja, maka pekerjaan sebagai MC pun bisa diposisikan dalam berbagai perhelatan event. Menjadi MC tentu membutuhkan kualitas gaya bicara yang baik, pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara menjadi sesuai harapan.
 
5. Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat
(Foto sebagai PR)
Mewakili perusahaan dalam setiap waktu, menjaga nama baik perusahaan serta mewujudkan hubungan yang harmonis pada seluruh klien perusahaan, menjadi tugas besar dari seorang Public Relations atau humas. Ya, profesi Public Relations juga menjadi prospek kerja yang sangat menjanjikan bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Seorang Public Relations harus selalu memutar otaknya untuk menyampaikan pesan – pesan perusahaan kepada masyarakat agar perusahaan yang dikelolanya senantiasa memiliki reputasi yang baik.


6. Event Organizer
(Foto saat event Organizer)
Merancang perhelatan event yang besar, mengemas sebuah acara sesuai dengan konsep pesan yang ingin disampaikan, hingga mengatur acar sedemikian rupa agar meninggalkan kesan dan reputasi yang baik, adalah beberapa wujud tujuan dari strategi seorang event organizer. Melalui sebuah event, sebuah tim event organizer diharapkan mampu menyampaikan sebuah pesan atau makna tertentu dan mewujudkan good reputation dari si penyelenggara. Disitulah tantangannya. Menjadi event organizer ini sangat asyik, lho. Seperti bekerja sambil bermain. Penghasilannya pun bisa terbilang cukup fantastis.
 
7. Praktisi periklanan / Advertising
(Foto periklanan)
Iklan! Ya, terdengar sepele, namun mempengaruhi kita, kan? Mereka berusaha mempengaruhi publik dengan pesan – pesan produk barang ataupun jasa yang ingin disampaikan, melalui pesan dan media yang unik serta kreatif agar siapapun yang melihatnya tergugah untuk membeli, menggunakan ataupun mempercayainya.  Dalam iklan, semakin menarik dan membuat penasaran, maka semakin sukses dan efektif pula iklan tersebut. Prospek kerja dalam dunia advertising bagi lulusan Ilmu Komunikasi, antara lain sebagai project leader advertising, copy writer, camera person, media planner, dan lain – lain.
 

Apakah pekerjaan-pekerjaan di atas sesuai dengan bakat dan minatmu? Atau bahkan adalah sesuatu yang kamu cita-citakan? Mulai cari program kuliah yang cocok sekarang juga!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.