Header Ads

Tips Meningkatkan Kemampuan Kehumasan

 




Siapa nih yang cita-citanya ingin menjadi bagian humas dalam suatu perusahan? Nah di blog kali ini akan memberikan tips untuk meningkatkan kemampuan dalam kehumasan. Sebelum lanjut ke tips nya, apakah kalian tau humas itu apa? Humas atau public relation dalam bahasa Inggris disebut dengan Public Relation (PRmerupakan singkatan dari hubungan masyarakat yang berarti secara umum humas adalah salah satu bagian dari organisasi yang berfungsi untuk melakukan interaksi, hubungan, dan kerjasama dengan masyarakat yang terkait dengan organisasi tersebut. Humas juga bertanggung jawab dalam membangun dan mempertahankan reputasi, citra, serta komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan publik.

Baca Juga : Bapak komunikasi "Muhammad Alwi Dahlan"

Berikut tips yang bisa kamu latih untuk membangun kemampuan dalam kehumasan:

1. Mampu Berkomunikasi Dengan Baik


Dalam bukunya Public Relations, Frank Jefkins menyebutkan bahwa syarat dasar seorang PR adalah mampu berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu PR juga membutuhkan kemampuan berbicara di depan umum dan melakukan presentasi.

Selain itu, PR juga harus bisa menerbitkan press release, membuat artikel dan feature untuk majalah dalam negeri yang diterbitkan perusahaan. Ini termasuk menulis pidato untuk manajemen senior, menulis laporan, menulis brosur dan menulis konsep iklan layanan masyarakat.

2. Keterampilan Kepemimpinan

Pekerjaan PR memiliki tuntutan dan kemampuan mengantisipasi suatu masalah baik di dalam maupun di luar organisasi. Ini termasuk kemampuan untuk merencanakan dan menyelesaikan kegiatan, termasuk informasi tentang anggaran dan evaluasi kegiatan tersebut. Humas diharapkan mampu menyelenggarakan berbagai kegiatan kehumasan. Profesi PR membutuhkan pemikiran yang jernih dan objektif dari mereka yang bekerja di bidang ini. 

3. Kemampuan membangun relasi

Sebagai PR profesional, Anda harus mampu membangun dan memelihara jaringan dengan berbagai pihak di perusahaan. Profesi PR juga membutuhkan kemampuan untuk bekerja dengan banyak orang. Kemampuan untuk menciptakan dan memelihara hubungan tersebut sangat penting untuk membangun opini positif terhadap perusahaan dan membangun hubungan saling percaya.

4. Kreatif


Kreativitas adalah faktor terpenting dalam keberhasilan atau kegagalan suatu merek, produk, atau perusahaan. Bekerja di PR berarti harus penuh dengan ide atau gagasan yang cemerlang dan kreatif. Oleh karena itu, PR harus memiliki visi yang luas.

Selain itu, PR juga harus mampu menjadi problem solver, dimana ia harus mampu mencari solusi ketika muncul masalah, sekompleks apapun itu. PR juga harus merangsang tumbuhnya ide-ide kreatif sehingga ide-ide baru dapat ditawarkan dalam bentuk konten kreatif.

5. Kemampuan Untuk Menangani Situasi Darurat


Banyak perusahaan mengalami krisis dalam beberapa tahun terakhir. Maka, tidak heran jika manajemen krisis merupakan keterampilan inti yang harus dimiliki oleh para profesional PR. Karena ketika krisis datang, perusahaan menghadapi resiko yang sangat serius, yaitu rusaknya reputasi mereka.

Untuk melakukan ini, PR harus mampu menjaga ketenangan di perusahaan dan dengan cepat mengembangkan rencana strategis untuk menghadapi situasi darurat. Tidak heran agensi dan perusahaan mencari profesional PR yang dapat menawarkan solusi kepada CEO dan eksekutif perusahaan ketika mereka berada di mata publik untuk berita atau penyebab negatif.

6. Kemampuan Menulis


Menjadi PR profesional membutuhkan kemampuan menulis untuk audiens eksternal dan internal. Bahkan saat ini, profesional PR semakin diminati. Ini termasuk menulis kepada audiens eksternal menggunakan metode PR tradisional. Seperti menulis untuk audiens internal, PR perlu memahami apa yang memotivasi karyawan.

7. Kemampuan Menganalisis Berita



Praktisi di industri kehumasan memiliki tugas penting, yaitu memastikan bahwa pesan perusahaan sampai ke media. Namun, begitu berita diterbitkan, pekerjaan Anda belum selesai. Mereka harus mendorong lebih banyak kunjungan ke media atau ke website perusahaan mereka sendiri, rajin membaca berita atau konten secara luas, atau memilih media yang diprioritaskan.

Lihat Juga : 7 PROSPEK KERJA ILMU KOMUNIKASI

Ternyata, menjadi PR profesional tidaklah mudah. Namun, seseorang tidak bisa belajar apapun selama memiliki keinginan untuk belajar dan terus menerus berusaha mengembangkan skill dan kemampuannya untuk menjadi seorang PR Manager yang handal, Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.